Kamis, 09 Februari 2012

materi tik kelas XII semester 1



 DESAIN GRAFIS
Pernahkah anda mendengar istilah bitmap ataupun vector?,bitmap atau vector adalah kedua jenis gambar grafis yang diolah di komputer.Terdapat 2 perbedaan antara kedua jenis gambar ini. Untuk mendapat hasil cetak yang baik anda harus fapat menggabungkan kedua jenis gambar tersebut. ah gambar-gambar bitmap, sementara gambar-gambar yang dibuat menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator, Freehand maupun Corel Draw akan tersimpan sebagai vector graphics. Akan tetapi Anda dapat melakukan konversi gambar antar keduanya, dan bahkan memungkinkan bagi keduanya untuk digabungkan ke dalam satu file. Hal ini yang biasanya cukup membingungkan bagi orang awam.
GAMBAR BITMAP
Seperti namanya, gambar bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar. Gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (atau pixels) yang memiliki warnanya masing-masing (disebut dengan bits, unit terkecil dari informasi pada komputer).
Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin halus dan realistik gambar tersebut.
Jenis Gambar Bitmap
1. Line-art
Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, biasanya hitam dan putih. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit (warna hitam yang membentuk gambar, warna putih sebagai latar) untuk mendefinisikan masing-masing pixel-nya.
2. Grayscale Images
Yang terdiri dari bermacam warna abu-abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.
3. Multitones
Terdiri dari dua warna atau lebih. Gambar multitones yang biasa digunakan adalah duotones, yang biasanya terdiri dari paduan warna hitam dengan warna khusus (Pantone colour). Warna yang digunakan pada gambar di atas adalah paduan dari warna hitam dengan Pantone Warm Red.
4. Full Colour Images
Merupakan gambar yang memiliki warna yang tampak realistis. Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis-jenis standar warna seperti RGB, CMYK atau Lab.

Karakteristik Data Bitmap
Gambar yang menggunakan data bitmap akan menghasilkan bobot file yang besar. Sebagai contoh, sebuah gambar dengan standar warna CMYK berukuran A4 yang memiliki kualitas cetak menengah (medium) menghasilkan bobot file sebesar 40 MB. Dengan menggunakan kompresi dapat memperkecil bobot sebuah file.
Perbesaran dimensi gambar merupakan salah satu kekurangan jenis gambar bitmap ini. Begitu sebuah gambar diperbesar terlalu banyak, akan terlihat tidak natural dan pecah. Begitu juga dengan memperkecil sebuah gambar, akan memberikan dampak buruk seperti berkurangnya ketajaman gambar tersebut.
Bitmap cukup simpel untuk pencetakan selama printer yang digunakan memiliki memory yang cukup. Mesin cetak PostScript level 1 jaman dulu akan mengalami masalah ketika mendapatkan sebuah gambar (khususnya Line-art) yang dirotasi, tapi hardware dan software jaman sekarang dapat menangani berbagai efek manipulasi gambar apapun tanpa masalah.
Aplikasi Data Bitmap
Ada ratusan aplikasi di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi file gambar dengan data bitmap. Dalam dunia percetakan, Adobe Photoshop adalah aplikasi yang mendominasi pasar. Tapi bukan berarti aplikasi alternatif yang lebih murah seperti Corel Photo-Paint dapat dianggap remeh.
Format File yang digunakan untuk Data Bitmap
Gambar dengan format data bitmap dapat disimpan dalam berbagai macam format file, antara lain:
* BMP; format file yang terbatas, tidak cocok digunakan untuk cetak
* EPS; format file yang fleksibel, yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor
* GIF; biasanya digunakan untuk grafis-grafis di internet
* JPEG; atau juga format file JFIF, biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman gambar yang dapat mempengaruhi bobot file
* PICT; format file yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor, tetapi biasanya file ini hanya digunakan oleh komputer Macintosh dan tidak terlalu cocok untuk cetak
* TIFF; merupakan format file bitmap yang paling populer untuk cetak.
GRAFIS VEKTOR
Grafis vektor adalah gambar yang ditampilkan menggunakan definisi matematis.grafis vector adalah salah satu metode yang dapat menciptakan hasil terbaik dan digunakan oleh kebanyakan aplikasi gambar saat ini.
Karakteristik Gambar Vektor
Gambar vektor biasanya memiliki bobot file yang cukup kecil karena hanya berisi data mengenai bezier curves yang membentuk sebuah gambar. Format file EPS seringkali digunakan untuk menyimpan gambar vektor yang dapat memberikan penampilan gambar bitmap (bitmap preview image) dalam data bezier. Bobot file dari gambar penampilan biasanya lebih besar dari data bezier-nya sendiri.
Dimensi gambar vektor biasanya dapat diubah tanpa mengurangi kualitas gambarnya sendiri. Hal ini yang menjadikannya ideal dalam pembuatan logo perusahaan, peta/denah, atau objek-objek lain yang seringkali membutuhkan perubahan skala/dimensi. Perlu diperhatikan, tidak semua gambar vektor dapat diubah skalanya sesuka Anda:
* Gambar hanya dapat diubah skalanya hingga 20 persen lebih besar atau lebih kecil
* Garis-garis tipis dapat menghilang jika gambar vektor diperkecil terlalu banyak
* Kesalahan-kesalahan kecil pada sebuah gambar dapat terlihat jelas ketika gambar diperbesar terlalu besar
Cukup mudah untuk membuat sebuah gambar vektor yang sulit untuk dibuatkan output-nya. Khususnya penggunaan tiles (objek-objek kecil yang diuat berulang-ulang) dan efek lens pada Corel Draw dapat membuat file yang sangat kompleks.
Aplikasi Data Vektor
Ada ratusan aplikasi di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi data vektor. Dalam dunia percetakan, Adobe Illustrator, Freehand dan Corel Draw adalah aplikasi-aplikasi yang cukup populer.
Format File yang digunakan untuk Data Vektor
Secara umum data vektor dapat disimpan dalam format file:
* EPS; format file yang paling populer untuk menyimpan gambar vektor walaupun format EPS juga dapat berisi data bitmap.
* PDF; format file yang cukup serbaguna, yang dapat berisi data apa saja termasuk halaman-halaman lengkap
* PICT; format file yang dapat berisi data bitmap maupun vektor, tetapi biasanya hanya dapat digunakan oleh komputer macintosh.
corel draw
http://edugrafs.files.wordpress.com/2010/07/corelx4mz6.jpg?w=300&h=152 
         CorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Sebenarnya ada banyak sekali software desain grafis dan pengolah gambar berbasis vektor yang bisa kita gunakan,misalnya saja diantaranya adalah Coreldraw, Photoshop, Freehand, adobe ilustrator dll. Namun coreldraw merupakan program paling populer yang sering dimanfaatkan. Selain karena tampilannya yang user friendly dan mudah dipelajari, coreldraw juga mempunyai berbagai keunggulan – keunggulan lain yang sangat bermanfaat.
Beberapa keunggulan coreldraw antara lain coreldraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar. Meskipun photoshop juga bisa namun lebih mudah dengan coreldraw. Selain itu kelebihan coreldraw yang jarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar yang lain adalah dukungan forum dan komunitas coreldraw yang begitu banyak dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa berbagi ilmu dengan pengguna coreldraw lainnya di seluruh dunia.
Senin, 30 Januari 2012
MELAKUKAN OPERASI DASAR KOMPUTER
A.  Fungsi dan jenis-jenis Port I/O (Input/Output) yang terdapat pada console/system unit.
Port I/O merupakan Port atau Gerbang atau tempat dipasangnya conector dari peralatan I/O. Dimana setiap port I/O dibawah kontrol dari Processor. Jenis-jenis dari Port I/O adalah:
1. Port Paralel (LPT1 atau LPT2)
Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah :
Printer, Scanner dll.
2. Port Serial (Com1, Com2 )
Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah :
Mouse, Modem , dll.
3. Port AT / PS2
Port ini umumnya digunakan untuk masukan dari Keyboard, Mouse.
4. USB Port
USB Port (Universal Serial Bus ) Port merupakan Port Serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh Perlatan yang menggunakan USB port : USB Flash Disk, Camera Digital, Kabel Data Handphone, Card Reader dll
5. Port VGA
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.
6. Port Audio
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti Tape, Radio, Speaker, Microphone, dll.
Sumber: Kuliah Umum IlmuKomputer.Com, T utorial Merakit Komputer Oleh: Arif Irwansyah

B. Perangkat Keras Komputer (HARDWARE)
Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras computer, digolongkan kedalam empat bagian utama, yaitu :
1. Unit Masukan (Input)
Adalah alat untuk memasukkan data ataupun program untuk diolah oleh computer sehingga menjadi sebuah informasi. Contohnya:
  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Scanner
  4. Floppy Disk Drive
  5. CD-ROM dan CD-RW
  6. DVD-ROM dan DVD-RW
  7. Voice Input
2. Unit Proses
Unit Proses yang berada dalam computer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan pengatur suatu system yang mengolah data sehingga menghasilkan suatu informasi. Perangkat-perangkat alat proses beserta kelengkapannya yaitu:
  1. Casing
  2. Power Supply
  3. Motherboard
  4. Processor
  5. Memory
  6. VGA Card
  7. I/O Card
  8. Sound Card
3. Unit Keluaran (Output)
Adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Contohnya :
  1. Monitor
  2. Printer
  3. Speaker
4. Unit Penyimpanan
Adalah suatu media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangka waktu panjang sehingga suatu saat data tersebut dapat diambil atau dibaca kembali. Contohnya :
  1. Hard Disk
  2. Disket (Floppy Disk) biasanya Kapasitas 1,2 MB
  3. USB Flash Drive (Flash Disk)
  4. Compact Disk (CD) Kapasitasnya 700 MB
  5. Digital Video Disk (DVD) Kapasitasnya 4 GB
Sumber: Mahir dan Terampil Berkomputer Grafindo Oleh: Lia Kuswayatno
  C . Prosedur Menghidupkan Dan Mematikan Komputer
Mengaktifkan/menghidupkan dan mematikan komputer harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Jika komputer dimatikan atau diaktifkan tidak sesuai prosedur yang benar, maka akibatnya aliran listrik akan terganggu dan komputer akan mudah rusak dan umurnya tidak akan lama.
1. Menghidupkan komputer
Langkah awal dalam mengoperasikan komputer untuk menghidupkannya dinamakan Proses Booting. Prosedur baku yang harus dilakukan yaitu :
  1. Pertama pastikan semua kabel-kabel komputer sudah terpasang dengan benar pada Port I/O dan pada Power Supply
  2. Hubungkan kabel dari Power Supply ke Stopkontak (Sumber Arus Listrik)
  3. Hidupkan Monitor dengan menekan tombol Power pada monitor
  4. Tekan tombol Power pada bagian depan CPU
  5. Tunggu beberapa saat sampai komputer sempurna melakukan Booting sampai muncul tampilan Dekstop (Tampilan depan komputer pada monitor)
  6. Komputer telah sempurna dihidupkan dan siap untuk digunakan.
2. Mematikan Komputer
Cara yang benar baik dan aman untuk mematikan komputer adalah :
  1. Pastikan semua program yang anda gunakan sudah ditutup
  2. Klik (Tekan tombol mouse sebelah kiri) 1 kali pada tombol START (Biasanya berada pada sudut kiri bawah dari desktop), maka akan muncul Menu pada Dekstop.
  3. Pada bagian bawah menu yang muncul, pilih Tombol Turn Off Computer dengan klik 1 kali tombol tersebut maka akan muncul kotak Dialog Pilihan.
Stand By : untuk mengistirahatkan komputer, tetapi komputer tetap hidup
Turn Off : Mematikan Komputer Total
Restart : Membooting ulang
Cancel : Membatalkan perintah untuk mematikan komputer
  1. Pilik dan Klik 1 kali Turn Off , tunggu beberapa saat. Setelah itu komputer akan mati dengan sendirinya.
  2. Matikan Monitor komputer dan stabilizer (jika ada) dan cabut kabel yang terhubung dengan StopKontak (Sumber arus listrik).
Sumber: -
-Mahir dan Terampil Berkomputer Grafindo Oleh: Lia Kuswayatno
-Teknologi Informasi dan komunikasi, Erlangga Oleh: Sadiman
D. Spesifikasi Komputer
Spesifikasi komputer biasanya memuat keterangan tentang komponen-komponen Hardware dan juga Sofware (Operating system) yang terdapat dalam komputer tersebut. Spesifikasi ini dapat kita ihat dan kita pastikan pada saat tampilan awal komputer dihidupkan.
Contoh seperti di bawah ini, Spesifikasi komputer yang yang terdapat dalam iklan di Surat kabar atau majalah.
CONTOH SPESIFIKASI KOMPUTER

KETERANGAN
Intel Pentium 4 3,2 GHz LGA 775
Jenis, merek dan kapasitas Processor yang digunakan
Motherboard Intel
Jenis dan merek Motherboard yang digunakan
HD 120 GB
Kapasitas Hard disk
DDR2 512 MB
Jenis dan Kapasitas Memory
DVD-RW Double Layer
Dilengkapi dengan alat untuk membaca/memutar DVD dan juga dapat merekam data kedalam keeping DVD
Monitor LCD 15” Acer
Jenis, merek dan Ukuran Monitor
Speaker Simbada
Jenis Speaker
Dll..


Rp. 4.512.000,-
Harga jual
Rounded Rectangle: PR Carilah 1 buah iklan yang memuat Spesifikasi komputer (Seperti Contoh diatas) dari Media Cetak Baik Surat Kabar/Koran ataupun majalah. Gunting iklan tersebut dan tempelkan di buku PR. dikumpulkan minggu depan

E. Menggunakan perangkat lunak (sofware) Beberapa program aplikasi
Perangkat Lunak (Sofware) adalah jiwanya komputer yang mengendalikan semua yang dilakukan oleh Hardware. Dengan adanya sofware, berarti fungsi-fungsi hardware dapat digerakan/dijalankan.
A. Macam-macam perangkat lunak (Sofware) beserta fungsinya
1. Sofware Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer. Sistem operasi berfungsi mengatur kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur proses input/output, mengatur memori internal dan eksternal, mengatur pengkodean, Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer, Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal) dan Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program). Contohnya sistem operasi :
  1. MS DOS (Disk Operating System) Produk dari IBM Corp dan Microsoft Corp
  2. Sistem Operasi UNIX produk dari AT&T Bell Laboratory
  3. LINUX
  4. OS/2
  5. Windows Produk dari Microsoft Corp. (windows 3.1.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME/Milenium Edition, Windows XP/Experience dan yang terbaru Windows Vista)
2. Sofware Bahasa Pemograman (Language Sofware)
Yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman kedalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer. Contohnya:
  1. Fortran (Formula translator),
  2. Assembly
  3. Basic (Beginner’s All Symbolic Interchange Code)
  4. Pascal/Turbo Pascal
  5. COBOL (Common Business Oriented Language)
  6. Bahasa C
  7. Visual Basic
  8. Delphie
3. Sofware alat bantu (Utility Sofware)
Merupakan sofware yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) digunakan sebagai alat bantu (Utility) terhadap komputer. Contohnya:
  1. Norton Utility
  2. Laplink
  3. Norton Commander
  4. Partisi Magic

4. Sofware aplikasi
Yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum. Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau bidang pekerjaan yang dilakukan, Software aplikasi yang umum ada di pasaran antara lain :
a. Perangkat lunak untuk Pengolah Kata
Umumnya digunakan untuk membuat suatu dokumen yang berhubungan dengan teks (Surat, Laporan dll) Contohnya :
1. Microsoft Word
2. Wordstar
3. Word Perfect
4. Chiwriter, dll
b. Perangkat lunak untuk Pengolah Angka
Berfungsi sebagai program penghitung suatu data (Data tabel/Spreadsheet) dan biasanya dilengkapi fitur-fitur pelengkap seperti grafik dan diagram. Contohnya:
1. Microsoft Excel
2. Lotus 123
3. Super Calc.
4. Stat Plus, dll
c. Perangkat Lunak Untuk Akses Internet
Suatu program yang digunakan untuk menjelajah (Browsing) internet biasanya sering disebut dengan Browser. Contohnya:
1. Internet Explorer
2. Mozilla Firefox
3. Netscape Navigator
4. Opera, dll
d. Perangkat Lunak untuk Desain Grafis
Adalah program yang digunakan untuk pengolahan gambar baik satu dimensi, dua dimensi maupun tiga dimensi. Biasanya digunakan dalam bidang Percetakan, periklanan, arsitektur dan desain. Contonya:
1. Adobe Photoshop
2. CorelDraw
3. AutoCad
4. ACD See, dll
e. Perangkat Lunak untuk membuat Presentasi
Program yang digunakan untuk membuat Presentasi yang ada saat ini antara lain :
1. Microsoft PowerPoint
2. Macromedia FreeHand
3. Story Board
4. Flash Macromedia, dll
f. Perangkat Lunak untuk Hiburan (Multimedia)
Biasanya digunakan untuk hiburan seperti menjalankan file lagu/musik, memutar film, Video clip dari CD ataupun DVD. Contohnya:
1. Winamp
2. Windows Media Player
3. CyberLink PowerDVD
4. Real Player, dll


Materi kelas X semester genap

Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar